Jumat, 22 November 2019


DHARMA PRIMA PUSTAKA 



Blog Dharma Prima Pustaka diluncurkan untuk mendukung kegiatan CV Dharma Prima Niaga. Unit usaha ini didirikan pada tanggal 30 Agustus 2018 oleh Sudjana Suryanata lewat Akte Notaris Ella Goei SH No. 2 di Tangerang Selatan. Tujuan utama didirikannya unit usaha ini adalah untuk menyelenggarakan penerbitan buku serta penjualan barang terkait, terutama produk yang dihasilkan sendiri.

Unit usaha fokus melakukan penerbitan buku-buku dengan topik agama Buddha dan kebijaksanaan dari Timur. Yang dimaksud dengan kebijaksanaan dari Timur termasuk agama dan filsafat India selain agama Buddha, agama dan filsafat Tiongkok, maupun agama dan kebijaksanaan lokal (bukan agama wahyu) yang dianut oleh orang Asia termasuk Indonesia.

Sebagai unit usaha baru, kami memprioritaskan penerbitan buku-buku agama dengan sasaran para pembaca pemula. Mengingat masih belum banyaknya orang Indonesia yang bisa menulis buku tentang agama Buddha, kami mencoba menerjemahkan buku-buku yang ditulis oleh pengarang dari luar. Untuk itu kami berupaya bekerja sama dengan penerbit buku dari luar. Satu nota kesepahaman atau memorandum of understanding telah ditandatangani antara CV Dharma Prima Niaga dengan Buddhist Publication Society yang berkedudukan di Kandy, Sri Lanka, pada tahun 2019 ini.

Kami juga menerima naskah dari pengarang dalam negeri untuk diterbitkan. Selain daripada itu kami siap bekerja sama dengan penerbit dalam negeri untuk menerbitkan-ulang buku-buku agama Buddha yang pernah populer di masa lalu. Buku-buku yang akan kami terbitkan di masa depan tidak terbatas pada buku pengetahuan saja; kami juga siap menggarap buku fiksi dan buku anak.

Unit usaha kami tergolong UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro), yang memiliki modal kerja terbatas. Tidak seperti penerbit besar dan mapan, kami tidak mencetak buku dengan oplah ribuan eksemplar. Sebagai penerbit mandiri (self publishing) kami menerapkan prinsip cetak-berdasarkan-kebutuhan atau print-on-demand. Jadi siapa pun yang memesan buku kami dalam jumlah terbatas, tetap akan kami layani. Contohnya umat yang ingin mencetak buku untuk memperingati hari wafat sanak saudaranya bisa mencetak buku yang kami terbitkan dalam kuantitas yang minimal.

Kami memiliki motto untuk tidak mencetak buku dengan kualitas yang asal-asalan. Dalam menerjemahkan satu karya misalnya, kami menyeleksinya dengan saksama. Sedapat mungkin yang belum pernah diterjemahkan oleh penerbit lain, relevan untuk kebutuhan umat saat ini, disertai kualitas penerjemahan yang memadai. Bekerja sama dengan mitra kami, percetakan yang juga masuk kategori UMKM, kami berupaya memproduksi dan mencetak buku dengan kualitas baik. Juga kami berhati-hati menetapkan harga jual buku. Buku-buku kami dihargai sepantasnya seperti yang bisa Anda bandingkan dengan melihat buku sejenis yang dijual di toko-toko buku.

Buku-buku yang kami terbitkan tidak dijual di toko buku mainstream, melainkan kami jual melalui rekanan e-dagang atau lewat toko fisik seperti bursa vihara atau kelenteng, yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Kami menetapkan satu harga tunggal untuk setiap buku, yang berlaku di seluruh Indonesia. Jadi jika sebuah buku dihargai Rp 50 ribu, maka harga buku di rekanan e-dagang atau bursa fisik mana pun tetap lima puluh ribu rupiah ditambah ongkos kirim (untuk barang yang diantar melalui kurir). Kami memberikan potongan harga yang menarik untuk rekanan yang menjual produk kami, baik itu mereka yang menjual langsung, maupun mereka yang memperjualbelikan secara daring. Anda yang bertempat tinggal di daerah atau mengelola toko atau bursa yang menjual perlengkapan sembahyang, atau jika Anda bisa memasarkan dan menjual produk kami, silahkan Anda menghubungi kami.

Walaupun kami menjual buku-buku terbitan kami, namun sebagian buku kami sisihkan untuk disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan. Mereka itu antara lain vihara yang memiliki perpustakaan, sekolah buddhis, sekolah tinggi agama Buddha, dan para dharmaduta di daerah.

Meskipun kami fokus menerbitkan buku cetak, kami juga menerbitkan artikel-artikel di media sosial secara berkala, yang mana artikel-artikel itu kami himpun pula di blog ini supaya para pembaca dapat mencari artikel yang telah kami terbitkan dengan mudah. Dengan begitu kami mempunyai misi: "Meningkatkan tingkat literasi digital masyarakat sekaligus memperkaya pengetahuan mereka tentang dharma". Terakhir blog ini juga memuat resensi buku yang kami terbitkan, artikel-artikel yang bercerita seputar dunia penerbitan dan perbukuan, informasi terkait penerbitan buku baru, dan dimana buku-buku kami bisa diperoleh.



blogdharmaprimapustaka/sdjn/191122


Tidak ada komentar:

Posting Komentar