Jumat, 29 November 2024

KISĀ GOTAMĪ


 

Hari masih pagi ketika Kisā Gotamī, seorang ibu muda, sedang bermain-main di pekarangan bersama dengan putera semata wayangnya, Rajesh. Ibu dan anak itu bergembira di hari yang cerah, serta sang surya pun memancarkan cahaya bening dan lembutnya. Rajesh yang berumur hampir dua tahun itu sedang lucu-lucunya, dan dia melangkah dengan tertatih-tatih mengikuti ibunya yang berjalan beberapa depa di mukanya. Namun siapa yang bisa menduganya, kegembiraan ibu dan anak itu dalam sekejap mata bisa menjadi awal dukacita yang mendalam? Sekonyong-konyong tubuh kecil yang limbung itu tersandung gundukan semak yang ada di hadapannya. Rajesh kecil yang malang! Tubuhnya terayun ke depan dan seketika kepalanya terantuk membentur bumi. Gotamī yang berjalan pelan dan kepalanya sedang menengok ke belakang, tiba-tiba terperanjat menyaksikan putera kesayangannya terjatuh.

 

Dihampirinya, dibangunkannya, dan digendong kembali anaknya. Gotamī pun memanggil-manggil namanya: "Rajesh! Rajesh!" Tetapi anak kecil itu tidak meresponnya. Dia masih terdiam tak berdaya. Gotamī menjadi panik dan dia menjerit-jerit, minta bantuan pada orang-orang yang ada di sekitar tempat itu. Orang-orang dusun segera berkerumun. Sebagian dari mereka mencoba memijat tengkuk dan kepala bocah itu, yang lain mencoba menghembuskan udara melalui mulut anak itu, namun Rajesh tetap bergeming. Tangis Gotamī semakin menjadi-jadi. Seorang ibu tua mengusulkan, "panggil pak Tabib!" Tidak beberapa lama kemudian sang tabib pun datang. Dia memeriksa tubuh kaku itu dengan teliti, mendengarkan sisa napasnya, dan meraba urat nadinya. Sesaat kemudian dia berucap: "Anak ini sudah meninggal."

 

Pecah tangis Gotamī. Tak disangka bahwa putera kesayangannya akan berpisah begitu cepat dengan dirinya. Padahal kelahiran puteranya ini telah mengubah jalan hidupnya ke arah keberuntungan. Gotamī yang dulunya miskin dan papa bisa mendapatkan suami yang terpandang. Menjadi isteri orang pun tidak serta-merta membuatnya bahagia. Dia masih disepelekan dan dihina oleh famili suaminya. Barulah setelah Rajesh lahir, keluarga suaminya menghormati dirinya. Jika sekarang dia tidak punya Rajesh lagi, entah perlakuan buruk apa yang akan menimpanya kelak. Tidak bisa menerima kematian puteranya, Gotamī pun mulai menyangkal. Digendongnya anak itu dan dia menganggap Rajesh masih pingsan.

 

Sambil membopong anaknya yang terkulai di pundaknya, Gotamī meninggalkan kerumunan orang dusun itu, beserta sang Tabib yang masih berusaha mengingatkannya. Namun perempuan muda itu tidak peduli. Dia pergi meninggalkan desanya, berkelana untuk mendapatkan obat yang sekiranya mampu menghidupkan kembali putera kesayangannya. Sepanjang perjalanan jika dia bertemu dengan orang asing, dia akan menanyakan siapa yang memiliki ramuan yang bisa membuat anaknya sadar atau siuman kembali. Sebagian dari mereka malahan mencibir, melecehkan, dan bahkan menghinanya; menganggap Gotamī sudah gila. Namun ada juga yang merasa iba dan menasehatinya, agar dia mengikhlaskan kepergian puteranya.

 

Matahari sudah condong ke barat sewaktu Gotamī bertemu dengan seorang petani tua di sebuah pondok di tepi jalan. Keheranan melihat ada perempuan asing yang berjalan dengan ringkih sambil menggendong anaknya, sang petani menanyakan ikhwal sang pengelana itu. Setelah mendengar ceritanya, sang petani berkata: "Ketahuilah anakku, seorang Buddha telah muncul di dunia ini. Beliau memiliki pengetahuan dan kesaktian yang sangat tinggi. Cobalah engkau memohon pertolongan kepadanya. Semoga puteramu dapat diselamatkan." - "Dimanakah beliau tinggal? Aku akan meminta bantuannya." - "Di luar kotaraja Srāvastī. Di tempat tetirah beliau yang bernama Kuil Jetavana." - "Jika demikian, aku akan segera berangkat ke sana." – "Mohon jangan pergi sekarang. Sebentar lagi hari sudah beranjak gelap. Engkau boleh pergi ke sana esok subuh." - "Baiklah, kakek." Petani tua yang baik hati segera menyediakan makan malam dan tumpangan untuk perempuan muda yang malang itu.

 

Keesokan harinya pagi-pagi buta, Gotamī sambil menggendong anaknya berpamitan kepada kakek petani, dan dia segera menuju kotaraja Srāvastī. Setelah bertanya kepada penduduk setempat, dia berhasil mencapai Kuil Jetavana. Saat itu masih pagi dan para bhiksu sedang memulai aktivitas mereka di komplek kuil, ketika Kisā Gotamī memasuki tempat itu sambil menggendong jasad anak kesayangannya. Yang Mulia Ānanda mengantarkannya menghadap Sang Buddha. Sang Guru sedang duduk di atas sebuah dipan. Seorang Manusia Agung dengan kulit tubuh keemasan dan di sekeliling kepalanya dipenuhi oleh aura putih yang bersinar cemerlang.

 

Dengan takjub Kisā Gotamī memandang Sang Buddha yang tepat berada di hadapannya. Dia meletakkan jasad anaknya dengan hati-hati di depan dipan Sang Guru. Seraya melakukan penghormatan layaknya seorang yang berkedudukan lebih rendah, perempuan muda itu pun bersimpuh di hadapan Sang Guru. "Wahai Tabib Agung. Aku mohon agar anakku dapat hidup kembali. Tolong berikan aku obat atau ramuan yang mujarab." Sang Guru dengan penuh welas asih menatap perempuan itu, yang sedang mengharapkan mukjizat yang bisa membuat anaknya hidup kembali. "Baiklah, Gotamī. Aku dapat membangunkan anakmu kembali. Bawakanlah aku segenggam biji lada.“

 

Bak disambar petir wajah Gotamī dalam sekejap menjadi sumringah. Pikirnya: "Ternyata obatnya mudah saja. Hanya segenggam biji lada." Tetapi Sang Buddha menambahkan: "Wahai, Gotamī. Lada itu harus engkau dapatkan dari seseorang yang belum pernah kehilangan sanak saudaranya." Masih berpikir optimistis, Gotamī pun berpamitan kepada Sang Buddha sambil membawa jasad anaknya.

 

Setelah berjalan beberapa saat perempuan muda itu mendapati sebuah rumah seorang ibu paruh baya. Gotamī meminta segenggam biji lada kepada perempuan setengah umur itu. Dengan tatapan penuh iba, dia lalu mengajak Gotamī pergi ke dapurnya yang berada di belakang pondoknya. Dari dalam sebuah almari dikeluarkannya sejumlah buli-buli yang terbuat dari keramik. Lalu perempuan setengah baya itu membuka wadah-wadah tembikar itu. Di dalamnya bisa ditemukan lada putih, lada hitam, cengkeh, kapulaga, jinten, kayu manis, biji dan bunga pala kering, dan masih banyak rempah-rempah lainnya. Bahkan di satu wadah ada saffron yang berwarna merah. Semua bumbu masak itu banyak tersedia di Jambudvipa pada masa itu, dan penduduk menggunakannya untuk memasak kari. Si ibu tua itu kemudian mengambil sejumput lada putih, lalu dia memasukkannya ke dalam kantung kecil yang terbuat dari kulit domba. Gotamī dengan gembira menerima kantung berisi biji lada putih itu, namun tiba-tiba dia teringat pesan Sang Buddha. "Apakah Ibu memiliki sanak saudara yang telah meninggal dunia?" Ibu itu menjawab: "Benar, suamiku tercinta wafat setengah tahun yang lalu." Mendengar jawaban itu, Gotamī pun menjadi lemas dan kecewa. "Maafkan aku, Ibu. Aku tidak bisa menerima pemberianmu." Dia pun meninggalkan pondok itu dan meneruskan perjalanannya.

 

Di sepanjang jalan yang dia tempuh, Gotamī mengemis segenggam biji lada dari rumah ke rumah. Orang banyak dengan senang hati memberikan barang yang dimintanya. Namun begitu perempuan malang itu bertanya, apakah si empunya biji lada itu belum pernah kehilangan sanak saudaranya, jawaban yang sama yang selalu didapatkannya. "Oh, orang tuaku telah tiada lima tahun berselang," Kakak lelakiku sudah berpulang kemarin dulu," "Anak perempuanku telah meninggal dunia tahun yang lalu."

 

Matahari sudah hampir menuju peraduannya dan lembayung senja menyinari angkasa dengan semburat jingganya. Gotamī yang kelelahan terkulai lemah di bawah sebatang pohon, di tepi jalan besar di luar kotaraja Srāvastī. Seberkas cahaya menerangi batinnya:

 

"Sesungguhnya lebih banyak orang mati di dunia ini,

Dibandingkan dengan mereka yang masih bertahan hidup;

Manusia yang ada di sekelilingku,

Tak ada satu pun yang belum pernah kehilangan sanak keluarganya."

 

Dipandangi, diciumi, dan dipeluknya jasad Rajesh, puteranya yang tercinta. Lalu dibungkusnya jasad si kecil yang selama ini menjadi pendamping hidupnya. Dengan sisa-sisa tenaganya Gotamī pun menguburkan putera kesayangannya.

 

Keesokan harinya Gotamī sudah kembali ke Kuil Jetavana. Dia tidak ingin kembali ke kediaman suaminya. Sang Buddha bertanya kepadanya: "Wahai, Gotamī. Apakah engkau sudah mendapatkan biji lada yang aku minta kemarin?" "Biji lada dengan mudah bisa aku dapatkan, tetapi mustahil aku peroleh dari orang yang tidak pernah kehilangan sanak saudaranya. Sekarang aku punya permintaan lain, wahai Tabib Agung." - "Apa itu Gotamī?" - "Aku ingin menjadi siswa Yang Mulia." Sang Buddha menyetujui dengan berdiam diri. Lalu beliau memerintahkan agar Ānanda memfasilitasi keinginan mulia Kisā Gotamī.

 

 

sdjn/dpn/241129


Jumat, 15 November 2024

SÌ MIÀN FÓ



Hari Sabtu tanggal 9 November 2024 bukan saja menjadi hari istimewa bagi para pemuja Sì Miàn Fó (四面佛) atau dialihbahasakan sebagai Buddha Berwajah Empat. Hari itu juga bertepatan dengan hari kebesarannya, yang dirayakan setiap tahun. Sì Miàn Fó dalam bahasa Thai dinamakan Phra Phrom, atau Vara Brahma. Dipuja sebagai dewa, mungkin lebih cocok kita namakan sosok ini sebagai Sì Miàn Shén (四面神), atau Dewa Berwajah Empat. Sì Miàn Fó selain dipuja oleh masyarakat Thailand, juga tidak asing bagi Diaspora Tionghoa yang berdominsili di Hongkong, Makau, dan Taiwan.

 

Di Asia Tenggara, terutama Thailand, Sì Miàn Fó dianggap sebagai dewa yang memiliki kekuatan tak terbatas dan mengendalikan kejayaan serta kekayaan dunia ini. Altar Buddha Berwajah Empat di Bangkok, merupakan salah satu tempat ibadah paling populer di Thailand. Altar ini terletak di persimpangan Jalan Ratchadamri dan Jalan Phloen Chit di Erawan, pusat kota Bangkok, dekat dengan Hotel Grand Hyatt dan Sogo Department Store. Arca ini diabadikan dalam kuil granit yang terbuka setinggi 4 meter yang didesain dengan sangat indah. Patung ini duduk tegak di tengah-tengahnya dengan tubuh berwarna emas, dan wajah serta postur yang sama di keempat sisinya.

 

Sì Miàn Fó memiliki empat wajah, delapan telinga, delapan lengan, dan delapan tangan. Masing-masing wajah tersebut menghadap ke empat arah mata angin. Masing-masing wajah tersebut melambangkan cinta kasih universal, welas-asih, simpati, dan ketenangseimbangan. Para peziarah biasanya memberikan persembahan yang terdiri dari 12 batang dupa, 1 buah lilin, dan 4 buah karangan bunga. Masing-masing tiga batang dupa dan sebuah karangan bunga ditempatkan di hadapan wajah arca Sì Miàn Fó. Konon, dewa ini bertanggung jawab atas semua urusan manusia, dan keempat sisinya memiliki tuah yang berbeda. Sisi depan untuk memohon agar bisnis berjalan dengan lancar, sisi kiri untuk memperoleh jodoh atau pernikahan yang bahagia, sisi kanan diperuntukkan untuk mendapatkan kesehatan, dan sisi belakang khusus permohonan guna mendapatkan kekayaan.

 

Banyak wisatawan melakukan perjalanan bolak-balik ke Thailand hingga berkali-kali untuk mengucapkan ikrar dan memenuhi keinginan mereka di hadapan Sì Miàn Fó, terutama di hari kebesarannya. Para bintang film Hong Kong dan Taiwan datang ke Thailand setiap tahun untuk memuja Buddha Berwajah Empat, yang memperlihatkan pesonanya yang begitu kuat. Misalnya, bintang film Deborah, Tony Leung, Sammo Hung, dan Nicholas Tse.

 

Mungkin ada di antara pembaca yang bertanya, mengapa bisa ada kultus pemujaan Sì Miàn Fó di Thailand yang mayoritas penduduknya beragama Buddha Theravada? Semuanya ini bermula di tahun 1951. Saat itu ada proyek pembangunan hotel baru di pusat kota Bangkok yang dinamakan Erawan (yang menjadi pendahulu Hotel Grand Hyatt). Sebutan itu adalah nama gajah surgawi yang merupakan tunggangan Dewa Indra, yakni raja para dewa. Arca Dewa Indra yang sedang menunggang hewan peliharaannya ditempatkan di pojok sebelah depan hotel. Proyek pembangunan hotel tersebut sudah berjalan selama empat tahun, tetapi bangunannya tidak selesai juga. Malahan banyak terjadi kecelakaan kerja di proyek konstruksi tersebut.

 

Pemilik hotel kemudian mengundang Mayor Jenderal Luang Suvitsanpai, yang konon memiliki mata batin dan kemampuan cenayang yang mumpuni. Beliau lalu menginspeksi dan menemukan, bahwa arca Dewa Indra yang sedang menunggang gajah Erawan tidak memadai untuk dijadikan perlindungan. Beliau menganjurkan agar dihadirkan lagi sosok dewa yang lebih perkasa dibandingkan Dewa Indra. Pilihannya jatuh pada sosok yang lebih tinggi daripada Dewa Indra, yakni Dewa Brahma. Ada berbagai perwujudan Dewa Brahma dalam bentuk arca. Kebetulan pada kepercayaan Buddhis ada konsep Empat Brahma Vihara, maka dibuatlah patung Brahma yang berwajah empat. Perwujudan arca Brahma sebetulnya berasal dari keyakinan Hinduisme. Selanjutnya patung Dewa Brahma yang memiliki empat wajah itu didesain dan dibuat oleh para pengrajin. Setelah selesai arca itu ditempatkan di atas sebuah altar di depan hotel. Saat itu dimulai kembali pemujaan Brahma di Thailand, yang sempat padam selama berabad-abad.

 

Minggu lalu ada kabar gembira bagi para pemuja Sì Miàn Fó. Tepatnya di Kawasan Pantai Indah Kapuk, di Simpang Empat Riverwalk Island, sudah diresmikan arca yang serupa dengan yang terdapat di Bangkok. Adalah grup usaha Agung Sedayu Group (ASG), yang telah merintis pengadaannya sejak beberapa waktu sebelumnya. Sebelumnya telah ada tim yang melakukan perjalanan ke Thailand guna mengikuti proses pembuatan patung serta mahkota dan pilar yang dibuat secara handmade. Demikian yang penulis kutip dari laporan Nabila Els di detik.com. (Catat Tanggalnya! Buddha 4 Wajah Hadir di PIK2, 16-Jun-2023).

 

Arca Sì Miàn Fó yang hadir di PIK2 dibuat khusus oleh pengrajin ahlinya, Puan Sarunee Sangsee. Patung berlapis emas ini membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga mencapai bentuk akhirnya. Belum lagi bagian pedestal dan atapnya yang dibuat di daerah Suphan Buri, Thailand. Bagian dasar, atap, dan tiang penyangga pada seluruh permukaannya ditutupi oleh potongan-potongan kaca warna-warni yang disusun secara artistik. Setelah keseluruhan arca dan bagian pendukungnya rampung, masih ada inspeksi ketat dari Kementerian Kebudayaan Thailand. Seluruh karya seni ini adalah buatan tangan dan merupakan keunikan tersendiri.

Semoga dengan telah diresmikan dan dibukanya keberadaan Sì Miàn Fó di PIK2, properti yang dipersembahkan oleh Agung Sedayu Group ini, dapat dijadikan tempat beribadah yang baru bagi umat Buddha dan Tridharma di Indonesia.

 

 

sdjn/dpn/241111